Penggunaan Media Mathiogon Taman Bermain Matematika dalam Pembelajaran PLSV

Abstrak:
Artikel ini mendeskripsikan penggunaan media Mathiogon Taman Bermain Matematika dalam pembelajaran Persamaan Linear Satu Variabel (PSLV) pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Parepare. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Mathiogon Taman Bermain Matematika meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam memahami konsep PSLV.
Kata Kunci: Mathiogon Taman Bermain Matematika, Persamaan Linear Satu Variabel, Pembelajaran, SMP
A. Latar Belakang
Persamaan Linear Satu Variabel (PSLV) merupakan salah satu materi penting dalam matematika yang diajarkan di SMP. Namun, berdasarkan observasi dan analisis data nilai ulangan harian dan ujian semester, menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 6 Parepare pada materi PSLV masih rendah.
Hal ini disebabkan beberapa faktor, seperti: (1) Metode pembelajaran yang kurang menarik dan berpusat pada guru, (2) Pemahaman siswa terhadap konsep PSLV yang masih lemah, (3) Kurangnya latihan soal yang diberikan kepada siswa.
Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi PSLV. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan pembelajaran yang inovatif dan menarik, seperti penggunaan media Mathiogon Taman Bermain Matematika.
B. Tujuan
Tujuan dari praktik baik ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi PSLV melalui penggunaan media Mathiogon Taman Bermain Matematika.
C. Manfaat
Manfaat dari praktik baik ini adalah: (1) Meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar matematika, (2) Membantu siswa memahami konsep PSLV dengan lebih mudah dan menyenangkan, (2) Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi PSLV.
D. Landasan Teori
Penggunaan media Mathiogon Taman Bermain Matematika dalam pembelajaran PSLV didasarkan pada teori belajar konstruktivisme. Teori ini menyatakan bahwa belajar adalah proses aktif di mana siswa membangun pengetahuannya sendiri melalui interaksi dengan lingkungannya.
Media Mathiogon Taman Bermain Matematika menyediakan lingkungan belajar yang interaktif dan visual, sehingga membantu siswa membangun pengetahuannya tentang PSLV dengan lebih mudah dan menyenangkan.
Berikut Simulasi Penggunaan Mathigon: https://polypad.amplify.com/p/Ya1BNpi8oxFNBQ
E. Prosedur Praktik Baik
Praktik baik ini dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
Persiapan:
Tahap persiapan diakukan dengan cara: (1) Menyiapkan perangkat pembelajaran, termasuk materi pembelajaran, media Mathiogon Taman Bermain Matematika, dan lembar kerja, (2) Menyiapkan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) yang berisi soal-soal latihan PSLV.
Pelaksanaan:
Tahap peaksanaan berupa: (1) Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan materi yang akan dipelajari, (2) Guru mendemonstrasikan penggunaan media Mathiogon Taman Bermain Matematika untuk menyelesaikan soal-soal PSLV. (3) Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan diminta untuk menyelesaikan soal-soal PSLV menggunakan media Mathiogon Taman Bermain Matematika, (4) Guru berkeliling untuk memantau dan membantu siswa yang mengalami kesulitan.
Penutup:
Kegiatan penutup: (1) Guru melakukan refleksi pembelajaran dengan menanyakan kepada siswa tentang materi yang telah dipelajari dan manfaat menggunakan media Mathiogon Taman Bermain Matematika, (2) Guru memberikan tugas kepada siswa untuk latihan mandiri di rumah.
F. Hasil dan Analisis
Berdasarkan hasil observasi, tes, dan angket, menunjukkan bahwa penggunaan media Mathiogon Taman Bermain Matematika dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi PSLV.
Hasil observasi:
Hasil observasi menjukkan bahwa: (1) Terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran berlangsung, 2) Siswa terlihat lebih antusias dan bersemangat dalam menyelesaikan soal-soal PSLV.
Hasil tes: Terjadi peningkatan nilai rata-rata tes siswa dibandingkan dengan sebelum menggunakan media Mathiogon Taman Bermain Matematika.
Hasil angket: Mayoritas siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan media Mathiogon Taman Bermain Matematika.
G. Kesimpulan dan Saran
Berdasarkan hasil dan analisis, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Mathiogon Taman Bermain Matematika efektif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi PSLV.
Oleh karena itu, direkomendasikan untuk menggunakan media Mathiogon Taman Bermain Matematika dalam pembelajaran PSLV di SMP.
H. Lampiran
Lampiran 1: Materi Pembelajaran
Lampiran 2: LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik)
Daftar Pustaka:
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2010). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi HOTS. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wulandari, D. A. (2021). Penggunaan Media Mathiogon Taman Bermain Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Persamaan Linear Satu Variabel pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Karanganyar. Skripsi, Universitas Sebelas Maret.
Share This Post To :
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
- Meningkatkan KPMM Melalui Pembelajaran PBL
- Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Inovatif Problem Based Learning
- Dampak Negatif Satu Tahun PJJ, Dorongan Pembelajaran Tatap Muka Menguat
- Kemendikbud Tingkatkan Mutu SDM Pengelola PBJ yang Berintegritas
- Dukung Literasi Teknologi Guru, Pusdatin Siapkan Program Pembelajaran Berbasis TIK
Kembali ke Atas